PEMANFAATAN MEDIA TWITTER
SEBAGAI
PELUANG BISNIS dan PERDAGANGAN
A. Pengertian
Bisnis Online
Bisnis online saat ini
bukan lagi menjadi istilah asing di Indonesia, baik kita yang kesehariannya
terbiasa menggunakan internet ataupun tidak. Apapun definisi yang diberikan
untuk bisnis online ini, yang jelas pelaku bisnis ini memperolah
keuntungan dari adanya internet.
Sebagian orang mendefinisikan bahwa bisnis online adalah
sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media
internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya, seperti menjual
software, ebook dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer.Saya
sendiri cenderung lebih setuju apabila bisnis online didefinisikan sebagai
“sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan
melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai menjual hasil bumi
hingga mobil. Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketing dari sebuah
perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa
disebut sebagai pelaku bisnis online.
Bahkan yang luar biasa adalah, jika kita memiliki
kemampuan memasarkan di internet, sangat terbuka kesempatan luas untuk dapat
membantu memasarkan produk-produk orang lain baik perorangan maupun
perusahaan-perusahaan dengan pendapatan yang menggiurkan.
Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan
Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok
maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun
jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata online adalah
suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses
melalui jaringan komputer lainnya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan
atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti
halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di
jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan
suatu keuntungan.
B.
Manfaat Twitter Sebagai Media Perdagangan
Perkembangn
penguna twitter sempat menggoda Google dan Facebook untuk membeli Twitter
sebagai pengembangan bisnis nya. Namun ditolak, twitter memang hebat
karena memiliki kemudahan akses dan sederahana dalam menampilkan pokok-pokok
pesan.
Manfaatkan twitter sebagai alat bisnis, sebagai berikut:
1.
Menggunakan Twitter untuk pendekatan media
Semakin banyaknya insan media termasuk
yang indepeneden, sehingga twitter sangat bermanfaat untuk tetap memulai
hubungan dan menjaga hubungan, selain murah juga kita bisa mengatur kekuatan
emosi kita untuk di sesuaikan dengan target-target.
2. Menggunakan Twitter Mengamati pesaing
Jika
pesaing juga menggunakan twitter maka dengan cara ini anda bisa melihat
perkembangan atau aktivitas yang dilakukan termasuk bagaimana mereka melakukan
pendekaatan ke pelanggan.
3. Menggunakan Twitter Brand Building
Bahwa
selain untuk kepentingan luar maka bisa juga untuk menjaga kepentingan Brand
kita, lakukan publikasi jika anda kedatangan tamu, menghadiri penerimaan award,
mendapatkan testimoni dari tokoh, sebagai bentuk sosialisasi “seberapa penting”
kah Anda dan Brandnya.
4. Menggunakan Twitter Mengejutkan pasar dan
pelanggan
Dengan
mennggunakan twitter juga bisa untuk memberikan diskon, hadiah, perlombaan,
produk baru, layanan khusus secara cepat dan terekamn dengan baik, karena
Twitter juga bisa terkam di Blackberyy, dll.
5. Menggunakan Twitter untuk membina, menjagai
hubungan dengan pelanggan
Pelanggan
merupakan sosok penting dalam bisnis, untuk itu dengan twitter bisa
meningkatkan kualitas hubungan baik, kepada calon pelanggan/prospek, pasar
tertarget, pelanggan setia, pelanggan yang sudah tidak loyal, dll.
C.
Manfaat Twitter Untuk Bisnis
Sosial media
seperti Facebook dan Twitter selain mempunyai pengaruh negatif juga memiliki
pengaruh yang positif bagi penggunanya. Twitter walaupun memiliki jumlah
karakter yang terbatas yakni hanya 140 karakter tetapi pengaruhnya memang luar
biasa.
Banyak
brand, perusahaan, atau individu menggunakan twitter untuk berbagai
kepentingan. Ada yang digunakan untuk membangun relasi, ada yang untuk
meningkatkan brand awareness, ada yang digunakan untuk layangan pelanggan,
bahkan pada saat kampanye kemarin twitter digunakan untuk memperkenalkan diri
partai atau dirinya.
Tapi bagi
mereka yang bergerak di dunia bisnis atau usaha, twitter sebenarnya mempunyai
segudang manfaat. Berikut manfaat twitter untuk bisnis :
1)
Twitter bermanfaat sebagai media
untuk meningkatkan brand awareness sehingga konsumen tahu merek kita.
2)
Twitter menjadi sarana membangun
interaksi dengan konsumen, membangun relasi, create customer engagement
3)
Twitter bisa digunakan untuk
mengedukasi market dan mengenalkan produk atau varian baru
4)
Twitter juga bisa dijadikan sebagai
salah satu channel untuk customer service
5)
Untuk beberapa pelaku UKM, twitter
juga bisa dipakai sebagai sales channel untuk menjual produknya
6)
Twitter juga bisa jadi sarana
membangun brand community. Membangun relasi melalui komunitas yang kita
bangun
7)
Twitter bisa digunakan untuk
mengkomunikasikan event marketing sehingga create traffic
8)
Twitter dengan follower yang besar
sangat bermanfaat untuk mengkomunikasikan program promosi yang kita
lakukan.
9)
Beberapa brand bahkan menggunakan
twitter sebagai salah satu Public Relation Channel
10)
Bagi rekan-rekan UKM, twitter juga
bisa digunakan untuk membangun networking
11)
Twitter juga bisa digunakan untuk
riset sederhana (consumer survey) dengan simple quest (pertanyaan sederhana)
12)
Kita bisa memperoleh feedback
konsumen melalui percakapan, jika ada keluhan untuk improvement
13)
Twitter yang juga sangat powerful
untuk generate traffic/visitor ke website bisnis kita
14)
Selain itu, twitter jg bisa
digunakan untuk corporate information atau untuk mengkomunikasikan program CSR
(Corporate Social Responsibility)
15)
Twitter juga bisa digunakan untuk
melakukan evaluasi produk dan untuk melihat reaksi pasar
16)
Membangun corporate branding juga
bisa dilakukan melalui twitter, namun ini perlu waktu dan proses
17)
Twitter juga bisa bermanfaat untuk
personal branding, membangun kredibilitas kita dengan konten yang
bermanfaat
18)
Melalui hashtag di Twitter, kita
bisa memanfaatkan twitter untuk create campaign
19)
Dengan Twitter kita bisa mengadakan
online activity misalnya dengan kuis, games untuk create engagement and more
followers
20)
Membangun brand image, juga bisa
dilakukan melalui content twitter serta campaign
21)
Dengan twitter pelaku UKM juga bisa
membangun relasi dengan influencer untuk membangun socmed ecosystem
22)
Create buzz positif dan meningkatkan
reach merupakan efek viral twitter. Ini bagus utk branding
23)
Twitter juga bisa jadi sarana utk
berpartisipasi dalam conversation tentang isu terkini, sehingga brand kita bisa
makin terekspose
24)
Twitter bisa menjadi sarana edukasi
konsumen untuk product review, serta mengkomunikasikan kelebihan kita
dibandingkan dengan pesaing.
D.
Cara Menarik Minat Pembeli
Yang harus dilakukan supaya leads tersebut bisa berubah menjadi
pembeli atau mungkin member, caranya cukup simple dan mudah berikut cara
beserta penjelasan agar pembli di situs menjadi banyak.
1.
Pasang
senyumyang menarik, ketika anda menulis email kepada prospek, teman, keluarga
ataupun klien anda. Ketika anda tersenyum kata-kata yang keluar akan mengandung
aura yang baik, dan tulisan anda akan terlihat lebih menarik. Seperti ketika
sedang bicara face to face dengan teman, saudara, kluaarga, ketika anda berbica
dengan tersenyum tulus pasti pembicaraan akan semakin menyenangkan.
2.
Hormatilah
siapasaja tujuan anda menulis email. Jika anda menhormati orang yang ada di
kontak, tentu ada persiapan yang baik untuk orang itu. Ketika anda menunjukan
rasa hormat respek kepada prospek, teman keluarga atau klien maka format anda
tidak akan sembarangan. Menghormati orang lain sama dengan menghormati diri
sendiri karna ada hukum timbal balik. Dan jika anda mengirim pesan dengan
format yang bagus, dengan kata-kata yang baik maka pembaca pun akan merasa di
hormati dan mulai menunjukan perhatian kepada tulisan anda serta maksud dan
tujuan anda menulis pesan tersebut.
3.
Tunjukkan usaha anda lewat tulisan
yang diedit dengan baik. Banyak orang yang menggunakan template email dan malas
untuk mengedit sendiri. Akibatnya, email-email yang terkirim biasanya kacau,
link yang seharusnya bisa diklik menjadi mati, atau nyasar ke orang lain. Buatlah
email yang isinya kisah atau cerita tentang hal-hal yang menyenangkan di bisnis
anda dengan begitu pembaca akan tertarik untuk membaca dan akhirnya tau dan
tertaring dengan bisnis yang anda lakukan.
4.
Sopan dan sabar dalam menangapi
beberapa pertanyaan dari konsumen yang biyasanya bertanya tentang bisnis atau
usaha yang anda lakukan lewat media sosial seperti twitter. Dengan sifat yang
sopan dan sabar maka konsumen akan merasa di hormati dengan pelayanan yang anda
lakukan dengan baik.
5.
Banyak mempelajari tentang
bisnis-bisnis secara online agra dpat menambah wawasan dalam melayani konsumen
yang hendak membeli barang kita, agar para konsumen tertarik dengan usaha yang
kita lakukan tanpa adanya unsur paksaan, agar tidak terjadi kekecewaan ketika
membeli barang dari kita jika bisnis kita berupa perdagangan.
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Bisnis
Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet
untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan
nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang
sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan. Sosial media seperti Facebook
dan Twitter selain mempunyai pengaruh negatif juga memiliki pengaruh yang
positif bagi penggunanya. Twitter walaupun memiliki jumlah karakter yang
terbatas yakni hanya 140 karakter tetapi pengaruhnya memang luar biasa.
Banyak
brand, perusahaan, atau individu menggunakan twitter untuk berbagai
kepentingan. Ada yang digunakan untuk membangun relasi, ada yang untuk
meningkatkan brand awareness, ada yang digunakan untuk layangan pelanggan,
bahkan pada saat kampanye kemarin twitter digunakan untuk memperkenalkan diri
partai atau dirinya.
0 komentar:
Posting Komentar