AD (728x90)

Text Widget

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 03 Juni 2014

PEMANFAATAN MEDIA TWITTER SEBAGAI PELUANG BISNIS dan PERDAGANGAN

Share it Please

PEMANFAATAN MEDIA TWITTER
SEBAGAI
PELUANG BISNIS dan PERDAGANGAN
A.  Pengertian Bisnis Online
Bisnis online saat ini bukan lagi menjadi istilah asing di Indonesia, baik kita yang kesehariannya terbiasa menggunakan internet ataupun tidak. Apapun definisi yang diberikan untuk bisnis online ini, yang jelas pelaku bisnis ini memperolah keuntungan dari adanya internet.

Sebagian orang mendefinisikan bahwa bisnis online adalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya, seperti menjual software, ebook dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer.Saya sendiri cenderung lebih setuju apabila bisnis online didefinisikan sebagai “sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai menjual hasil bumi hingga mobil. Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketing dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.
Bahkan yang luar biasa adalah, jika kita memiliki kemampuan memasarkan di internet, sangat terbuka kesempatan luas untuk dapat membantu memasarkan produk-produk orang lain baik perorangan maupun perusahaan-perusahaan dengan pendapatan yang menggiurkan.
Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata online adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan. 



B.  Manfaat Twitter Sebagai Media Perdagangan
Perkembangn penguna twitter sempat menggoda Google dan Facebook untuk membeli Twitter sebagai pengembangan bisnis nya.  Namun ditolak, twitter memang hebat karena memiliki kemudahan akses dan sederahana dalam menampilkan pokok-pokok pesan.
Manfaatkan twitter sebagai alat bisnis, sebagai berikut:
1.    Menggunakan Twitter untuk pendekatan media
     Semakin banyaknya insan media termasuk yang indepeneden, sehingga twitter sangat bermanfaat untuk tetap memulai hubungan dan menjaga hubungan, selain murah juga kita bisa mengatur kekuatan emosi kita untuk di sesuaikan dengan target-target.
2.    Menggunakan Twitter Mengamati pesaing
Jika pesaing juga menggunakan twitter maka dengan cara ini anda bisa melihat perkembangan atau aktivitas yang dilakukan termasuk bagaimana mereka melakukan pendekaatan ke pelanggan.
3.    Menggunakan Twitter  Brand Building
Bahwa selain untuk kepentingan luar maka bisa juga untuk menjaga kepentingan Brand kita, lakukan publikasi jika anda kedatangan tamu, menghadiri penerimaan award, mendapatkan testimoni dari tokoh, sebagai bentuk sosialisasi “seberapa penting” kah Anda dan Brandnya.
4.    Menggunakan Twitter  Mengejutkan pasar dan pelanggan
Dengan mennggunakan twitter juga bisa untuk memberikan diskon, hadiah, perlombaan, produk baru, layanan khusus secara cepat dan terekamn dengan baik, karena Twitter juga bisa terkam di Blackberyy, dll.
5.    Menggunakan Twitter untuk membina, menjagai hubungan dengan pelanggan
Pelanggan merupakan sosok penting dalam bisnis, untuk itu dengan twitter  bisa meningkatkan kualitas hubungan baik, kepada calon pelanggan/prospek, pasar tertarget, pelanggan setia, pelanggan yang sudah tidak loyal, dll.
C.  Manfaat Twitter Untuk Bisnis
Sosial media seperti Facebook dan Twitter selain mempunyai pengaruh negatif juga memiliki pengaruh yang positif bagi penggunanya. Twitter walaupun memiliki jumlah karakter yang terbatas yakni hanya 140 karakter tetapi pengaruhnya memang luar biasa. 
Banyak brand, perusahaan, atau individu menggunakan twitter untuk berbagai kepentingan. Ada yang digunakan untuk membangun relasi, ada yang untuk meningkatkan brand awareness, ada yang digunakan untuk layangan pelanggan, bahkan pada saat kampanye kemarin twitter digunakan untuk memperkenalkan diri partai atau dirinya. 
Tapi bagi mereka yang bergerak di dunia bisnis atau usaha, twitter sebenarnya mempunyai segudang manfaat. Berikut manfaat twitter untuk bisnis
1)   Twitter bermanfaat sebagai media untuk meningkatkan brand awareness sehingga konsumen tahu merek kita. 
2)   Twitter menjadi sarana membangun interaksi dengan konsumen, membangun relasi, create customer engagement 
3)   Twitter bisa digunakan untuk mengedukasi market dan mengenalkan produk atau varian baru 
4)   Twitter juga bisa dijadikan sebagai salah satu channel untuk customer service 
5)   Untuk beberapa pelaku UKM, twitter juga bisa dipakai sebagai sales channel untuk menjual produknya 
6)   Twitter juga bisa jadi sarana membangun brand community. Membangun relasi melalui komunitas yang kita bangun 
7)   Twitter bisa digunakan untuk mengkomunikasikan event marketing sehingga create traffic 
8)   Twitter dengan follower yang besar sangat bermanfaat untuk mengkomunikasikan program promosi yang kita lakukan. 
9)   Beberapa brand bahkan menggunakan twitter sebagai salah satu Public Relation Channel 
10)    Bagi rekan-rekan UKM, twitter juga bisa digunakan untuk membangun networking 
11)    Twitter juga bisa digunakan untuk riset sederhana (consumer survey) dengan simple  quest (pertanyaan sederhana) 
12)    Kita bisa memperoleh feedback konsumen melalui percakapan, jika ada keluhan untuk improvement 
13)    Twitter yang juga sangat powerful untuk generate traffic/visitor ke website bisnis kita 
14)    Selain itu, twitter jg bisa digunakan untuk corporate information atau untuk mengkomunikasikan program CSR (Corporate Social Responsibility) 
15)    Twitter juga bisa digunakan untuk melakukan evaluasi produk dan untuk melihat reaksi pasar 
16)    Membangun corporate branding juga bisa dilakukan melalui twitter, namun ini perlu waktu dan proses 
17)    Twitter juga bisa bermanfaat untuk personal branding, membangun kredibilitas kita dengan konten yang bermanfaat 
18)    Melalui hashtag di Twitter, kita bisa memanfaatkan twitter untuk create campaign 
19)    Dengan Twitter kita bisa mengadakan online activity misalnya dengan kuis, games untuk create engagement and more followers 
20)    Membangun brand image, juga bisa dilakukan melalui content twitter serta campaign 
21)    Dengan twitter pelaku UKM juga bisa membangun relasi dengan influencer untuk membangun socmed ecosystem 
22)    Create buzz positif dan meningkatkan reach merupakan efek viral twitter. Ini bagus utk branding 
23)    Twitter juga bisa jadi sarana utk berpartisipasi dalam conversation tentang isu terkini, sehingga brand kita bisa makin terekspose 
24)    Twitter bisa menjadi sarana edukasi konsumen untuk product review, serta mengkomunikasikan kelebihan kita dibandingkan dengan pesaing. 
D.  Cara Menarik Minat Pembeli
Yang harus dilakukan supaya leads tersebut bisa berubah menjadi pembeli atau mungkin member, caranya cukup simple dan mudah berikut cara beserta penjelasan agar pembli di situs menjadi banyak.
1.    Pasang senyumyang menarik, ketika anda menulis email kepada prospek, teman, keluarga ataupun klien anda. Ketika anda tersenyum kata-kata yang keluar akan mengandung aura yang baik, dan tulisan anda akan terlihat lebih menarik. Seperti ketika sedang bicara face to face dengan teman, saudara, kluaarga, ketika anda berbica dengan tersenyum tulus pasti pembicaraan akan semakin menyenangkan.
2.    Hormatilah siapasaja tujuan anda menulis email. Jika anda menhormati orang yang ada di kontak, tentu ada persiapan yang baik untuk orang itu. Ketika anda menunjukan rasa hormat respek kepada prospek, teman keluarga atau klien maka format anda tidak akan sembarangan. Menghormati orang lain sama dengan menghormati diri sendiri karna ada hukum timbal balik. Dan jika anda mengirim pesan dengan format yang bagus, dengan kata-kata yang baik maka pembaca pun akan merasa di hormati dan mulai menunjukan perhatian kepada tulisan anda serta maksud dan tujuan anda menulis pesan tersebut.
3.    Tunjukkan usaha anda lewat tulisan yang diedit dengan baik. Banyak orang yang menggunakan template email dan malas untuk mengedit sendiri. Akibatnya, email-email yang terkirim biasanya kacau, link yang seharusnya bisa diklik menjadi mati, atau nyasar ke orang lain. Buatlah email yang isinya kisah atau cerita tentang hal-hal yang menyenangkan di bisnis anda dengan begitu pembaca akan tertarik untuk membaca dan akhirnya tau dan tertaring dengan bisnis yang anda lakukan.
4.    Sopan dan sabar dalam menangapi beberapa pertanyaan dari konsumen yang biyasanya bertanya tentang bisnis atau usaha yang anda lakukan lewat media sosial seperti twitter. Dengan sifat yang sopan dan sabar maka konsumen akan merasa di hormati dengan pelayanan yang anda lakukan dengan baik.
5.    Banyak mempelajari tentang bisnis-bisnis secara online agra dpat menambah wawasan dalam melayani konsumen yang hendak membeli barang kita, agar para konsumen tertarik dengan usaha yang kita lakukan tanpa adanya unsur paksaan, agar tidak terjadi kekecewaan ketika membeli barang dari kita jika bisnis kita berupa perdagangan.



PENUTUP
A.  Kesimpulan
Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan. Sosial media seperti Facebook dan Twitter selain mempunyai pengaruh negatif juga memiliki pengaruh yang positif bagi penggunanya. Twitter walaupun memiliki jumlah karakter yang terbatas yakni hanya 140 karakter tetapi pengaruhnya memang luar biasa. 
Banyak brand, perusahaan, atau individu menggunakan twitter untuk berbagai kepentingan. Ada yang digunakan untuk membangun relasi, ada yang untuk meningkatkan brand awareness, ada yang digunakan untuk layangan pelanggan, bahkan pada saat kampanye kemarin twitter digunakan untuk memperkenalkan diri partai atau dirinya. 

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Dwi Lestari. All rights resevered. Designed by Templateism